Sabtu, 29 Maret 2014

Baik lah agan-agan, pernahkah agan berpikiran bahwa di alam semesta ini kita hanya hidup sendirian? Apakah ada makhluk hidup lain selain manusia? 

Manusiapun berpikiran bahwa masih banyak kehidupan selain di bumi yaitu di planet-planet lain. 

Planet yang terangkum ini harus memenuhi kelayakhunian. Kelayakhunian planet adalah ukuran potensi dari planet atau satelit alami untuk mendukung kehidupan bisa berkembang disana.

Karena eksistensi kehidupan luar bumi masih belum pasti adanya, sebagian besar kelayakhunian planet adalah perhitungan dari kondisi di Bumi dan karakteristik Matahari dan tata surya yang tampaknya menguntungkan makhluk hidup untuk berkembang

Nah, di trit ini ane mau ngerangkum kesemua planet-planet yang dicurigai  memiliki kelayakan kehidupan.



1. Glise-581g


Planet ini diduga mengandung air, sehingga memicu dugaan akan adanya kehidupan, atau bisa ditinggali oleh makhluk hidup dari Bumi.

Jarak planet ini ke bintangnya hampir sama dengan jarak bumi dengan matahari. Dan artinya suhunya pun mungkin hampir toleran dengan kehidupan.

Gliese 581g (berukuran empat kali lebih besar dari Bumi) mengitari bintangnya (yang hanya seukuran 30% dari matahari) dalam waktu 37 hari. Dengan demikian, perubahan iklim di planet tersebut sepuluh kali lebih cepat daripada di Bumi.


2. Kepler-22b


Memiliki orbit mengelilingi sebuah bintang. Kepler 22b memang paling mirip dengan lingkungan dari planet Bumi. Karena memiliki cairan yang dibutuhkan bagi mahluk hidup di sebuah planet, tetapi ukurannya lebih besar dibanding planet Bumi. Gravitasi planet tersebut akan lebih besar dibanding gravitasi Bumi.

Kepler mungkin seperti dunia laut . Planet ini berada di zona layak huni . Sebuah komposisi mirip Bumi dikesampingkan untuk setidaknya 1 ketidakpastian dengan pengukuran dari sistem. Dengan demikian cenderung memiliki komposisi yang lebih mudah menguap dan mengandung banyak cairan atau gas.


 3. Kepler-62e


Kepler-62E adalah planet "Bumi Super" (planet ekstrasolar). Mengingat usia planet (7 ± 4 miliar tahun) , fluks bintang (1,2 ± 0,2 kali Bumi) dan jari-jari (1,61 ± 0,05 kali Bumi) , berbatu (silikat besi) komposisi dengan kemungkinan besar adanya sejumlah air dianggap masuk akal .

Planet ini 60 persen lebih besar dari planet kita dan sedikit lebih dekat dengan bintang induknya. Planet ini layak disebut planet air karena ditutupi sebagian besar oleh lautan dengan waktu setahun 122,4 hari.


4. Kepler-62f


Planet ini sangat mirip dengan Bumi dan kemungkinan adanya kehidupan detingkat manusia. Planet ini mengorbit pada bintang dengan jarak yang sangat pas untuk bisa dihuni oleh kehidupan. Jaraknya seperti jarak Bumi dengan Matahari sehingga temperatur planet berada pada suhu yang normal dan diselimuti oleh air.

0 komentar :

Posting Komentar