Sabtu, 29 Maret 2014


Manusia tidak hanya membangun peradaban di atas tanah, tetapi juga di bawah tanah. Terdapat 5 bangunan bawah tanah yang berhasil di bangun manusia. Selain unik dan artistik, bangunan-bangunan ini menyimpan banyak teka-teki dan misteri. Bahkan, para ilmuwan pun sering dibuat penasaran untuk segera bisa memecahkan misteri di kota-kota bawah tanah ini.

1. Petra


Bangunan ini termasuk UNESCO World Heritage dan 40 places to see before you die versi BBC. Kota bawah tanah ini berada di lereng Gunung Hor dan berdiri pada abad ke-6 SM. Bahkan, Raja Herodes dan Cleopatra pernah memperebutkan kota ini.


2. Basilica Cistern


Bangunan ini merupakan salah satu keajaiban dari Istanbul dan berdiri pada abad ke-6 Masehi. Bangunan ini berbentuk basilika besar yang artistik. Kemudian bangunan ini juga pernah dikonversi sebagai sumur untuk menyimpan air selama pemerintahan kaisar Justinian.

3. Coober Pedy


Coober Pedy berada di utara negara bagian Australia Selatan. Nama Coober Pedy berasal dari istilah penduduk lokal Aborigin kupa-piti yang berarti lubang orang putih. Bangunan ini dijadikan tempat berlindung dan berada di dalam lereng bukit. Penduduk sekitar menggunakannya sebagai tempat berlindung dari teriknya matahari yang mencapai 100 F

4. Derinkuyu


Derinkuyu adalah kota yang berada di distrik provinsi Nevsehir, Turki. Di Cappadocia terdapat sebuah peradaban bawah tanah yang sangat terkenal dan menjadi daya tarik untuk para wisatawan mancanegara. Bangunan ini merupakan tempat berlindung umat Kristiani pada zaman dahulu.

5. Salt Cathedral


Salt Cathedral adalah gereja bawah tanah Katolik Roma yang dibangun dalam terowongan tambang garam sedalam 200 m. Terowongan tersebut berada di bawah gunung karang garam di dekat kota Zipaquira, di Cundinamarca, Kolombia. Ini merupakan tujuan wisata yang populer dan juga berfungsi sebagai tempat ziarah.

SUMBER

0 komentar :

Posting Komentar