Minggu, 23 Maret 2014

Sayangnya terjadi perubahan makna dalam bahasa Indonesia dimana mereka mengira binaraga adalah orang yang sudah tahap atlet (dimana badannya besar-besar seperti Arnold Schwarzenegger) sedangkan bodybuilding digantikan dengan kata fitness. Padahal fitness sendiri secara literatur artinya adalah kebugaran. Bukan begitu?


Kenyataannya orang-orang yang telah melakukan latihan hingga mendapatkan badan besar tidak mendapatkan badannya dengan instan, mereka telah tekun melakukan work hard n work smart secara bersamaan. Karena selain latihan yang tekun, seseorang tersebut harus mempelajari gerakan, anatomi tubuh, gizi, gaya hidup dan mungkin memasak! Setelah mempelajarinya tentu mempraktekannya. Disini saya mau meluruskan mitos-mitos mengenai Fitness yang sudah tidak asing di kuping pembaca sekalian..
Mitos & Fakta Seputar Fitness

Fitness Dapat Menyebabkan Otot Cepet Gede Dengan Instan


Kenyataannyabodybuilding memang salah satu jenis olahraga yang paling cepat dalam melatih otot, namun bukan berarti instan. Seseorang harus melatih ototnya dengan tekun dan keras (maksudnya mengetahui kapasitasnya dalam mengangkat beban), selain itu pola makan dan tidur juga sangat berperan sangat penting dalam hal ini). 

Fitness Dapat Menyebabkan Tubuh Menjadi Pendek


Kenyataannya : Bodybuilding tidak dapat membuat tubuh menjadi pendek, maupun menjadi tinggi. Seandainya hal ini berlaku bisa dibayangkan berapa kilogram beban yang diangkat orang tersebut? Umur yang diperbolehkan memulai bodybuilding ini mulai umur 15 tahun.Semua orang-orang yang melakukan olahraga ini, bahkan dari sebelum berumur 17 tahun. Dan tidak ada yang komplen soal ini. Bukti lain, liat aja bule-bule berotot yang ada di film, kebanyakan masih tetap tinggikan? karena tinggi badan ini soal gen.

Kalau Berhenti Melakukan Fitness Akan Menjadi Kendor dan Jelek


Kenyataannya: Badannya kendor itu bukan disebabkan fitness, melainkan ototnya tidak tumbuh lagi karena berhenti ditambah pola makan yang banyak. Karena biasanya orang akan makan lebih banyak ketika nge-gym, sayangnya hal ini tidak dikurangi setelah berhenti ngegym. Padahal hal ini tidak jauh beda dengan orang yang gendut karena banyak makan. Bahkan yang berhenti masih lebih baik karena masih menyisakan bentuk, kekuatan otot dan "muscle memory".

Anda Tidak Bisa Menambah Ukuran Otot Apabila Berumur 40 tahun


Kenyataannya : Ini salah total, pernah liat Sylvester Stallone dalam film Rocky Balboa? Diumur berapa dia syuting? atau film expendable II, masih besarkan badannya?

 Wanita tidak seharusnya melakukan angkat beban


 Kenyataannya : Penyebab ini disebabkan rasa takut menjadi besar dan berotot seperti lelaki. Padahal hal itu tidak mungkin didapatkan, karena wanita hanya memiliki 1/16 hormon testosteron dari lelaki. Yang mereka lihat diajang kontes itu karena menggunakan steroid.

Semakin Kencang Lari semakin Banyak Lemak Yang Dibakar


Kenyataannya : Semakin anda lari dengan kencang,heart rate anda akan naik. Hasilnya anda akan melatih jantung anda, bukan membakar lemak. Untuk membakar lemak efektifnya dibutuhkan 65% dari max rate dan untuk kardio sekitar 80%.

Semakin Banyak Sit Up Setiap Hari Semakin Mudah Dapat Sixpack atau Berlari


KenyataannyaWalaupun anda melakukan 1juta sit up hal ini tidak akan didapat apabila anda tidak melakukan kardio. Karena sit up hanya menguatkan otot perut sedangkan six pack bisa didapat apabila lemak di perut berkurang. Sungguh hal yang berbeda.


Melakukan Kardio Sebelum Angkat Beban Akan Membuat Mempercepat Otot Lebih "Jadi"


Kenyataannya : Kalo anda lari/treadmill sebelum mengangkat beban, anda akan lelah terlebih dahulu. Karena yang anda butuhan adalah otot, bukan bakar lemak


Diet Menahan Lapar Adalah Cara Terbaik Mengurangi Lemak

Kenyataannya : Ketika anda mengikuti program diet menahan lapar, hasil yang anda dapatkan adalah bertambahnya lemak. Awalnya sebagian lemak akan hilang, tapi begitu orang tersebut melakukan diet sepert biasa lemak itu akan kembali dan (mungkin) bertambah. Dalam beberapa kasus, lemak yang didapat lebih banyak diakibatkan dari perlambatan metabolisme. Selain itu, selama diet menahan lapar, akan ada banyak otot yang hilang dan menjadi lemas, sehingga menyulitkan untuk berlatih


Definisi Otot Muncul Karena Melakukan Latihan Dengan Beban Ringan Dan Banyak Repetisi


Kenyataannya : Definisi otot dapat terlihat apabila lemak sedikit,dan ini bisa dicapai dengan pola makan dan kardio. Tidak ada hubungan dengan banyak repetisi.


Otot Besar Setara Dengan Otot Kuat


Kenyataannya: Otot besar memang biasanya kuat, namun bukan berarti berbanding lurus. Ada perbedaan antara latihan untuk membuat otot menjadi besar dan latihan untuk memperkuat otot. Perbedaan fisik dan kekuatan bisa dilihat dengan memperbandingkan atlet angkat besi dengan binaraga. Sungguh berbeda bukan?


Semakin Banyak Berlatih Selalu Berbanding Lurus Dengan Pertumbuhan Otot


Kenyataannya: Melatih setiap kelompok otot terlalu banyak kali seminggu dapat menyebabkan overtraining dan kerugian dalam otot. Jika Anda berada dalam keadaan overtraining, Anda harus membiarkan tubuh Anda pulih untuk beberapa waktu sebelum kembali ke latihan rutin, agar tubuh andasembuh sepenuhnya dan kembali normal. Dalam keadaan overtraining dan tubuh Anda menyebabkan beberapa gejala, misalnya:

* Penurunan otot
* Penurunan kekuatan
* Peningkatan kelelahan
* Peningkatan risiko cedera
* Penurunan nafsu makan
* Gangguan pada sistem saraf dan kekebalan pusat

Hal ini terjadi selama periode pemulihan otot, sehingga tidak memungkinkan cukup waktu untuk memulihkan pertumbuhan otot dan bisa berakibat pada hilangnya otot, bersamaan dengan banyak gejala yang disebutkan di atas.

6 komentar :